Tabligh Akbar dengan tema “Aktualisasi Hijrah”

13 01 2010

Minggu, 10 januari 2010, Yayasan Pendidikan dan dakwah Al-Misbah bekerjasama dengan Pengurus Masjid Babul Hafazah menyelenggarakan Tabligh Akbar yang bertemakan “ Aktualisasi Hijrah “. Dengan pemateri ustadz Ali Zainal Abidin dari pondok pesantren Al-Hayat samboja(km 36 balikpapan). Acara ini dimulai pukul 10.00 WITA dengan terlebih dahulu dibuka dengan pembacaan basmalah  dan dilanjutkan tauziah Rabbani ( Tilawah ) suroh Al-Anfal ayat 74 – 75.

“ Dan orang-orang yang beriman dan berhijrah serta berjihad dijalan ALLAH, dan orang-orang yang memberi tempat kediaman dan memberi pertolongan (kepada orang muhajirin), mereka itulah orang yang benar-benar beriman. Mereka memperoleh ampunan dan rezeki (nikmat) yang mulia.

Dan orang –orang yang beriman setelah itu , kemudian berhijrah dan berjihad bersamamu maka mereka termasuk golonganmu. Orang-orang yang mempunyai hubungan kerabat itu sebagiannya lebih berhak terhadap sesamanya (daripada yang bukan kerabat) menurut Kitab ALLAH. Sungguh , ALLAH Maha Mengetahui segala- sesuatu ” Q.S ( Al-Anfal: 74-75 )

Kemudian sambutan dari bapak jomo wandianto selaku ketua umum yayasan al-misbah, dalam kesempatan ini beliau menuturkan ucapan terima kasih kepada pihak babul hafazah yang telah bersedia berpartisipasi agar acara tabligh ini terselenggara, “ adapun visi dan misi  yayasan al-misbah adalah membuat lembaga pendidikan yang berguna bagi umat islam, dan acara tabligh ini bertujuan mengajak manusia agar dapat memahami Al-quran secara mendalam dan mau menjalankan tanpa ragu-ragu,

inilah kitab yang tidak ada keraguan padanya petunjuk bagi mereka yang bertaqwa“ (Q.S Al-Baqarah : 2)

tutur beliau. sambutan kedua disampaikan pengurus masjid babul hafazah oleh bapak Yusron, dalam kesempatan itu beliau menyatakan sangat antusias sekali dalam kegiatan-kegiatan seperti ini. Dan membuka diri jikalau dari pihak yayasan almisbah ingin bekerjasama lagi tentunya dalam kegiatan keagamaan agar silaturahim tetap terjaga, beliau juga menuturkan jika tidak dapat mengikuti acara dari awal hingga akhir dikarenakan beliau diwaktu yang sama mengikuti training Al-Quran. Setelah sambutan kedua, Arif setiawan sebagai pembawa acara (MC) memepersilahkan ustadz ali zainal abidin untuk menyampaikan materi mengenai aktualisasi hijrah. Beliau mengatakan sebagai seorang muslim kita harus memalingkan diri dari sesembahan (ilah) kepada hanya ALLAH semata, hal ini merupakan makna dari kalimat La ilaha ilallah yang artinya tidak ada sesembahan (ilah) selain ALLAH, adanya sikap penolakan (penafian) terhadap jenis-jenis ilah ( sesembahan ) dan membersihkan hal itu dalam diri, kemudian menjadikan ALLAH satu-satunya yang patut disembah. Dan dari yang haram kepada yang halal, dari maksiat kepada ketaatan, dari perkara yang tidak berguna kepada perkara yang membawa manfaat.

Acara Tabligh akbar yang diselenggarakan oleh Yayasan Al-Misbah ini merupakan tabligh yang ketiga, dimana sebelumnya diadakan di masjid Nurul Ilmi dengan tema Motivasi dalam Beramal, di masjid Al-Ma’ruf dengan tema Menyikapi informasi menurut Al-Quran. Yang Insya ALLAH setiap bulannya diadakan pada minggu pertama dengan pemateri yang sama, dengan berpindah dari masjid ke masjid di samarinda, adapun pelaksana kegiatan adalah seluruh pengurus Al-Mudarris yang merupakan organisasi bentukan yayasan Al-Misbah. “Sesungguhnya Dien itu Hanya Akan dipikul oleh orang-orang yang bertekad baja “. Wassalam.


Aksi

Information

Satu tanggapan

13 03 2010
yusuf al-hirah

kasiannya pank ga ada yg koment disini.. pdhl keren…

Tinggalkan komentar